Selasa, 18 Februari 2014

Himawan Akhmadien Saputra

Hai, mas. Aku pengin nulis panjang tentang kita. Kurasa ini perlu. Entahlah atau Cuma karena aku sedang ingat sama kamu aja. Mungkin juga setelah ini tulisan ini bakal berlalu.
Kapan kita ketemu pertama kali?
Kalau mas adin jawab waktu makrab Imago 2011. Jawabannya salah. Kita pertama kali ketemu adalah waktu SPTY 2011 bulan Januari, mas Adin masuk ke kelas ku, kelas XII ipa 1. Aku gak kenal kamu, aku gak merhatiin kamu sama sekali waktu itu. Tapi lama-lama aku ingat, oh itu kamu.
Pertemuan kedua kita adalah waktu makrab itu. Kumpul makrab dulu di sekre lama Imago, di Manggung. Pertama kali aku liat kamu yang pake kacamata, aduh ini cowok, cakep. Ya iya, emang dasarnya aku suka cowok pake kacamata kok. Hehe.
Kita mulai kenal deket pasca Try Out Imago 2012. Mas Adin Cuma nyapa aku ‘Mas Idham kayaknya suka sama kamu, Bintang juga.’. Cuma sapaan semacam itu aja. Dan aku berpikir, emmm aku pengin curhat juga ah, sapa tau kita bisa akrab, jadi aku bisa punya temen cowok. Dan aku ngrasa mas ain open untuk bisa kuakrabi.
Mas adin bilang, waktu itu kita baru pulang dari kos ny mas bintang ambil printer, ‘wah, adekku banyak yg musti tak jaga, irly, kamu.’. cukup kalimat itu.
Aku ngrasa mas adin bisa jadi cowok yang baik buat aku. Cukup kalimat itu yg diucapin waktu kita masih sama sekali elum kenal deket, aku dah ngrasa aku punya kakak cowok, aku bisa punya kakak cowok, yg nantinya kupanggil mas. Dan akhirnya aku coba curhat.
Hal pertama yang kucurhatin tentang mas Idham dan Mas Bintang juga yg emang bener suka sama aku, tp aku lupa kalimatnya kayak apa. Dan mas adin jawab ‘hm, aku sih gak mikirin kayak gitu, tentang asmara kayak gitu aku gak begitu mikirin’ mas Adin jawab kayak gitu. Degh! Garing deh aku curhat. Tapi gak sepenuhnya aku mikir gitu. Perasaanku bilang, aku bisa deket sama mas adin. Dan bener.
Kita deket banget. Gak tau berawal dari apa, tapi kita deket banget. Mas adin jagain aku dari mas idham dan terutama dari mas bintang. Nanyain hubunganku sama mas bintang dah sejauh apa. Dan aku terus-terusan cerita tentang mas idham dan mas bintang. Termasuk tentang aku nolak mas idham dengan bilang aku dah jadian tgl 1 maret. Eh, aku kan juga bilang gitu sama mas adin. Sebenernya itu Cuma pura-pura aja, biar mas idham gak ngejar-ngejar aku terus. Dan aku juga bilang sama mas adin karena mas idham pasti klarifikasi juga ke mas adin. Ya, kan, mas adin yang deket sama aku waktu itu, dan mas idham tau kita deket.
Bulan Maret setelah aku bilang kalo aku jadian sama mas bintang tgl 1 maret (aku bilang gitu kalo gak salah akhir bulan maret. Eh lupa. Beneran lupa). Mas adin ngajak aku ketemuan, aku diajak ke lembah ugm, kita belie s campur. Mas adin untuk pertama kalinya pegang aku, mungkin juga pertama kalinya pegang cewek. Mas adin bilang ‘Dek, mas sayang sama adek, jangan sama bintang, dek.’ Aku inget itu. Mas adin minta aku putusin mas bintang. Gak bermaksud buat ngrebut, tapi aku putus sama mas bintang itu udah cukup. Meskipun aku gak sama mas adin ato sama mas adin, yang penting aku putus sama mas bintang. Tapi waktu itu mas adin akhirnya bilang juga ‘kamu putus sama bintang, terus sama aku’. Aku tau maksud mas adin bukan kayak gitu. Mas adin Cuma gak mau aku kenapa-napa karna mas bintang cowok nakal. Mas adin Cuma takut aku kebawa nakalnya mas bintang. Hhmmm betapa aku kangen masa-masa diperhatiin kayak gitu mas.
Kapan kita memproklamasikan kalo hubungan kita kakak adik?? Aku lupa kalau yang itu. Yang pasti mulai pertengahan februari kita mulai deket, awal maret kita deket, dan seterusnya kita semakin deket, semakim deket. Gak ada 1 hal pun yang gak kuceritain ke mas adin, kecuali mas bintang. Hehe.
Bulan Juli Agustus, kayaknya sih agustus, kita agak jauh, sedikit, tapi komunikasi terus jalan. Alasannya gak penting, kita semua mudik ke bojonegoro, mas adin di bojonegoro dan aku di cendono, dan lagian lagi pada ngurus Kudewis, dan aku gak bisa ikut ngurus. Aku gak pernah berenti cerita ke mas adin, dah mirip mas kandung pokoknya. Kita masih terus deket.
Gak tau udah berapa sering mas adin tanya sama aku, ‘sayangnya dek ema ke mas tu kayak apa sih? Bedanya apa sama sayang nya dek ema ke bintang?’ hhmmm dan aku juga entah berapa kali jawab pertanyaan itu dengan jawaban yang sama ‘beda mas, aku sayang mas adin sebagai mas, sebagai temen. Tapi kalo sama mas bintang, sayang nya tu gak Cuma sekedar itu, ada yang beda pokoknya.’

Mas adin gak pernah suka sama mas bintang, begitu juga sebaliknya. Kalian tu bikin aku agak kesusahan. Aku deket sama kalian berdua, sama2 sayang kaliyan, tapi kalian kayak gak kenal, padahal 1 SMP, 1 SMA juga. haduuuhhh…. Tapi aku gak peduli, pokoknya aku sayang sama kalian. Mungkin akhirnya mas bintang jengkel juga karena aku deket sama mas adin, tapi gak tau juga sih, aku gak pernah tanya itu, tapi kayaknya gak sebel kok kalo aku deket sama mas adin, biasa aja.
Aku lupa kapan, kayaknya sih februari setelah kita balik jogja usai Try Out Imago 2013, setelah aku udah putus juga sama mas bintang. Bulan itu, gak tau tepatnya kapan, pertama kali aku meluk mas adin. Mas adin yang minta. Aku kangen pelukan itu J dan selanjutnya kita sering kayak gitu. Tapi kalo diitung sih baru beberapa kali, gak sampek puluhan kok. Tapi mas adin pertama kali cium pipiku, aku juga lupa kapan. Pokoknya dah kayak kakak adik. Dah gak ada jeda antara kita. Deket ya deket. Kayak-kayak kita emang udah mukrim. Aku manja sama mas adin, mas adin juga. Aku sih jarang cium mas adin, Cuma kalo manja, waaahhh itu paling sering. Yang sering nyium itu mas adin, tpai gak sering-sering juga. Paling kalo aku dianter pulang ke kos. Kan jarang aku dianter pulang kos, soalnya aku ada sepeda sendiri.
Kalo aku mau pulang, aku pamitan sama mas adin pake saliman+cium tangan. Itu berawal di hari rabu waktu mas adin nganter aku ke kampus. Lupa kapan, mas. Pokoknya hari rabu, aku pake long dress biru ku. Aku selalu seneng waktu salim sama mas adin kayak gitu. Sampek sekarang.
Aku tau kebiasaannya mas adin, aku bahkan bisa nebak mas adin mau ngomong apa, tapi kalo suruh ngasih contoh, aku lupa contohnya kayak gimana. Mas adin juga dah kenal aku dengan sangat baik. Kebiasaanku gak makan, kebiasaanku makan mie, kebiasaanku kalo ngambek, kebiasaanku kalo sms, gaya ngomongku, dan semuanya. Kecuali tentang mas bintang, mas adin gak tau.
Pernah mas adin pamit aku mau ke Pulo seribu, sebulan apa ya? Hampir tak tangisi lo, tapi gapapa, ntar juga ketemu to.
Lain cerita di pasca Try Out Imago 2012. Pasca Try Out kali ini, kita agak jauh, sedikit, karena aku deket sama vian. Yah, aku cukup ada rasa sama vian. Sorry, mas. Tapi kau gak pernah mau kita bener-bener jauh. Aku tetep curhat sama mas adin, aku kenapa-napa sama vian juga tak curhatin sama mas adin. Eh, ternyata selama ku deket sama vian, mas adin juga punya kesibukan sendiri yaitu deket sama adek-adek 2012. Hhmm… akhirnya setelah lam akita gak ngobrol, hari itu kita ngobrol, seminggu setelah aku putus sama mas bintang. Aku cerita kedeketanku sama vian, aku cerita kalo aku dah putus sama mas bintang, dan mas adin cerita panjang lebar juga tentang adek-adek 2012 yang mas adin deketin, yang waktu itu deketnya sama Maisun. Aku cemburu!!!! Wah jan, cemburu tenan..!!! semua perhatian mas adin pindah ke cun, yang biasanya apa-apa dek ema, sekarang dek icun… yang dulunya sayang itu buat aku, sekarang sayang icun juga.. ah sebel!! Cemburu cemburu cemburu…!!! Dan mas adin juga tau itu. Mas adin juga bilang kalo cemburu sama vian. Aku gak trima mas adin bilang gitu, meskipun aku deket sama vian, tapi kan gak sayang-sayangan, masih deket biasa, curhat, ngobrol. Tapi kalo mas adin, udah sampek nembak icun, icun nomor 1 buat mas adin dan aku nomor 2. Ah mbuh. Sebel.
Dan semua berlalu dengan sendirinya. Mas adin selesai di kepengurusan Imago da digantiin mas mugi. Semenjak lengser dari ketua Iamgo, mas adin mendedikasikan seluruh sisa organisasi mas adin di kampus. Hhmm, kayaknya sibuk. Dan aku juga disibukin sama dipilih jadi pengurus lagi sama mas mugi. Dilanjut aku jadi ketua BAKORDA. Aku mudik, ngurus Bakorda di rumah, mas adin masih di Jogja. Aku ngurus, wira-wiri sama mas mugi, mas adin di jogja. Aku kemana-apa-apa sama mas mugi, mas adin masih di jogja dan Cuma memantau gimana progress kepengurusan? Ya, mas adin kan udah lengser, tinggal jadi dewan pertimbangan aja. Kita mulai jauh.
Selama BAKORDA, ams adin gak ikut serta sama sekali. Sampai akhirnya taun ajaran baru. Masuk bulan September. Eh, KONTRAAN DARUL ISTIQOMAH  (DI) pindah. Hah. Aku dah bad feeling. Dan bener. Kita selesai.
Cerita tentang ema adiknya adin dan adin masnya ema udah ilang dengan sendirinya. karena:
1.     Mas adin lengser dari Imago
2.    Terus organisasi sepenuhnya di kampus
3.    Kontrakan DI pindah jadi Kontrakan Merdeka
4.    Yang tempatnya cukup jauh dan mencil
5.  Jadi kalo mau main sana pada agak males dan juga karena isinya cowok semua (dulu kan cewek2 banyak yang main ke DI)
6.    Dan aku disibukin sama Mas mugi
Dah lengkap alasan kita jauh.
Aku masih pengin kita deket kayak dulu. Aku pengin salim sama mas adin. Aku pengin mas adin tidur di kakiku. Aku pengin manja kayak dulu. Dan pengin kedekatan itu gak ilang. Tapi.. kalo aku inget posisiku sekarang, aku udah sama mas bintang, lagi, dan semua yang ada di aku udah cukup buat mas bintang. Kurasa kepinginanku sama mas adin musti dikurangi. Mungkin kedeketan kita gak harus seperti dulu yang teramat sangat deket. Tapi cukuplah aku curhat sama mas adin, aku duduk disebelah mas adin dan kita ngobrol, dan waktu aku mau pulang, aku pamit sambil nyium tangan mas adin. Tapi mungkin itu gak bisa ada lagi, karena sekarang, mas adin udah menyerahkan diri mas adin buat pasrah sama Tuhan, mas adin fokus kuliah dan deket-deketin Tuhan, mas adin gak mau mikirin cewek, panginnya bawa pulang jodoh. Sebenernya aku agak sangsi sama itu. Aku masih pengin mas adin yang biasa aja sama cewek. Aku pengin punya kakak cowok lagi, dan itu tetep mas adin.
Pernah mas adin tanya sama aku, ‘Dek, apa kita bakal tetep kakak adik an terus kayak gini?’
Aku jawab, ‘Iya, mas, mas Adin itu mas ku, tapi siapa yang tau, waktu itu kan berubah. Tapi mas adintetep mas ku.’
Hai, mas. Long time nu see…


Your Little sister..

29 Januari 2014

1 komentar: